Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelola Blok Rokan, Pertamina Tegaskan Keuangannya Sehat

Kompas.com - 01/08/2018, 19:10 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memutuskan pengelolaan Blok Rokan pada 2021 jatuh ke tangan PT Pertamina (Persero).

Pertamina harus membayar bonus tanda tangan (signature bonus) sebesar 784 juta dollar AS untuk mengelola blok migas itu.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, pembayaran signature bonus tersebut menggunakan dana perseroan.

"Dengan kita memberikan pembayaran signature bonus 784 juta dollar AS di Rokan dan ini dananya dari Pertamina sendiri," ujar Nicke di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Baca juga: Chevron Kecewa Blok Rokan Diserahkan ke Pertamina

Nicke menambahkan, pembayaran signature bonus tersebut membuktikan bahwa keuangan Pertamina sehat.

"Sebetulnya ini sudah jelas bahwa keuangan Pertamina masih sangat kuat. Tiga tahun terakhir kalau kita lihat tambahan dari keuntungan Rp 90 trilliun. Ini kan sebagian masuk jadi return earning. Ini tambahannya saja loh, belum yang ada di neraca. Ini Tambah kapasitas investasi untuk Pertamina," kata Nicke.

Sebelumnya diberitakan, PT Pertamina akan mengelola Blok Rokan pada 2021 mendatang. Perseroan menyingkirkan Chevron yang sudah mengelola Blok ini selama 50 tahun.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, potensi pendapatan negara selama 20 tahun ke depan sebesar 57 miliar dollar AS atau atau sekitar Rp 825 triliun.

"Signature bonus 784 juta dollar AS dan komitmen kerja pasti sebesar 500 juta dollar AS," ungkap dia.

Selanjutnya, pemerintah memutuskan setelah PSC dengan Pertamina ditandatatangani, maka fokus berikutnya Chevron dan Pertamina akan melakukan kegiatan transaksi sampai dengan masa kontrak habis guna menjaga produksi yang tidak turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com