Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Apple Melonjak 6 Persen, Kapitalisasi Pasar Dekati 1 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 02/08/2018, 09:05 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga saham Apple melonjak hingga 6 persen pada perdagangan Rabu, (1/7/2018) setelah mereka melaporkan hasil keuangan yang mampu melebihi ekspektasi pasar. Kapitalisasi pasar Apple pun semakin mendekati nilai 1 triliun dollar AS.

Pada penutupan pedagangan, harga saham Apple berada pada posisi 201,5 dollar AS per lembar saham, turun tipis dari rekor tertinggi perdagangan hari itu sebesar 201,76 dollar AS per lembar saham.

Para pemegang saham sebelumnya telah membidik harga saham Apple senilai 203,45 dollar AS per lembar saham untuk menjadikan Apple sebagai perusahaan pertama yang diperdagangkan secara terbuka di AS senilai 1 triliun dollar AS.

Dikutip melalui CNBC, harga saham Apple sedikit melenceng dari perkiraan Wall Street, namun secara umum telah melampaui perkiraan harga jual rata-rata. Nilai saham Apple terseut juga mengalahkan pendapatan per saham dari perusahaan perangkan lunak yang sedang bertumbuh.

Analis dari Morgan Stanley dan RBC Capital mengatakan, Apple berada dalam langkah yang tepat untuk bisa mencapai kapitalisasi pasar sebesar 1 triliun dollar AS.

"Narasi kemampuan Apple saat ini bergeser untuk mempertahankan pertumbuhan penjualan separuh dari single digit, meskipun pertumbuhan penjualan iPhone relatif flat, pertumbuhan cenderung didoron pembelian kembali oleh para remaja," ujar analis RBC dalam keterangan tertulis.

"Akan tertunda dalam 90 hari. Jalan menuju 1 triliun terjaga," lanjut keterangan terulis tersebut.

Sebagai informasi, pada penutupan perdagangan saham Rabu (1/7/2018), saham Apple meningkat 19 persen sepanjang tahun 2018 (year to date/ytd), dan 34 persen dalam 12 bulan terakhir (year on year/yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com