Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Integritas, Pegadaian Gandeng KPK

Kompas.com - 06/08/2018, 11:33 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) (Pegadaian) bekerja sama dengan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) untuk penerapan prinsip good corporate governance (GCG) dengan baik yakni dengan menangkal upaya gratifikasi di lingkungan Pegadaian.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Komitmen dan Sosialisasi Program Pengendalian Gratifikasi oleh Direktur Utama Pegadaian Sunarso dan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di Kantor Pusat Pegadaian, Senin (6/8/2018).

"Dengan penandatanganan ini, kami meyakini reputasi Pegadaian sebagai lembaga keuangan BUMN yang terpercaya selalu menerapkan prinsip-prinsip GCG secara baik dan benar. Pegadaian selalu berkomitmen untuk selalu menyelenggarakan prinsip-prinsip GCG yaitu transparency, accountability, responsibility, indenpendency, dan fairness," ujar Sunarso.

Menurut Sunarso, kerja sama ini menjadi salah satu upaya Pegadaian menjadi salah satu upaya Pegadaian untuk membangun integritas yang merupakan salah satu nilai perusahaan Pegadaian maupun BUMN.

Baca juga: Garap Pasar Millenial, Pegadaian Hadirkan The Gade Coffee & Gold di Bali

Selain itu, program pengendalian gratifikasi sendiri merupakan momentum dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan nasabah kepada Pegadaian. Prinsip-prinsip GCG dan implementasi program pengendalian gratifikasi ini diterapkan kepada seluruh jajaran Pegadaian hingga ke seluruh daerah.

"Tentunya ini memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri bagi kita semua bahwa apa yang kita laksanakan menjadi suatu hal yang memiliki komitmen terhadap pemberantasan korupsi dan pengendalian gratifikasi di bisnis keuangan," ucap Sunarso.

Sementara itu, Pahala sendiri mengungkapkan komintmen bersama ini akan membantu KPK dalam upayanya mencegah dan memberantas korupsi di sektor keuangan. Dia juga berharap, penandatanganan komitmen tersebut dapat meningkatkan prinsip GCG di seluruh cabang Pegadaian di Indonesia.

"Prinsip good corporate governance seperti di Pegadaian jika diterapkan akan membantu lebih baik industri keuangan," ujar Pahala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com