Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Kendaraan Bermotor Dongkrak Konsumsi Kuartal II 2018

Kompas.com - 06/08/2018, 15:47 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen dipengaruhi tingginya konsumsi rumah tangga. Sektor ini memiliki porsi sebesar 2,76 persen dari pertumbuhan ekonomi menurut pengeluaran.

Komponen tersebut mencakup lebih dari separuh produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sementara itu, laju pertumbuhannya sebesar 5,14 persen.

"Kontribusi konsumsi rumah tangga sampai 55,4 persen sehingga akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di kantor BPS, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Suhariyanto mengatakan, salah satu yang memengaruhi naiknya konsumsi rumah tangga yakni melonjaknya angka pembelian mobil dan motor.

"Penjualan mobil dan motor naik mengesankan. Industri kita tumbuh secara cepat," ujar dia.

Penjualan sepeda motor tumbuh 18,96 persen dan mobil penumpang tumbuh 3,25 persen pada kuartal II 2018. Sementara itu, penjualan motor dan mobil pada kuartal II 2017 masing-masing 10,93 persen dan 11,2 persen.

Menurut Suhariyanto, hal ini menunjukkan adanya perbaikan daya beli masyarakat golongan menengah ke bawah.

"Motor kan biasanya digunakan golongan menengah ke bawah. Dengan penjualan meningkat menujukkan golongan menengah ke bawah mulai menggeliat," ucap Suhariyanto.

Selain itu, konsumsi makanan dan minuman juga meningkat sebesar 5,38 persen secara tahunan (yoy) serta pakaian dan alas kaki jadi sebesar 3,86 persen (yoy). Menurut Suhariyanto, meningkatnya dua komoditas itu karena momentum bulan puasa dan Lebaran.

"Ramadhan dan Lebaran memang membawa berkah ke beberapa sektor. Semua bergerak positif, jauh lebih baik daripada tahun lalu," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com