Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Inflasi Venezuela Bakal 1 Juta Persen

Kompas.com - 07/08/2018, 15:36 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Time

CARACAS, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, inflasi Venezuela dapat mencapai 1 juta persen hingga akhir tahun 2018.

Hal ini seiring dengan semakin dalamnya krisis yang menimpa negara tersebut.

Dikutip melalui Time, gejolak ekonomi yang melanda Venezuela sebanding dengan kondisi Jerman pasca Perang Dunia I dan Zimbabwe di awal dekade ini.

"Keruntuhan dalam aktivitas ekonomi, heperinflasi, serta meningkatnya kerusakan, akan menyebabkan dampak rambatan kepada negara-negara tetangga," sebut Alejandro Werner, kepala departemen bagian barat IMF dalam sebuah keterangan tertulis pada Senin, (7/8/2018).

Negara yang sempat kaya karena produksi minyaknya tersebut kini tengah bergelut dengan krisis dalam waktu 5 tahun belakangan.

Hingga kini, rakyat Venezuela masih berjuang untuk mencari makanan dan obat-obatan, sementara banyak pula massa yang menyeberang ke negara tetangga seperti Kolombia dan Brazil.

IMF menyebutkan, keterbatasan listrik, air, dan transportasi umum menimpa rakyat Venezuela yang juga berhadapan dengan risiko kriminal tinggi.

Jika prediksi tersebut tepat, perekonomian Venezuela akan mengalami kontraksi sebesar 50 persen dalam 5 tahun belakangan ini.

Werner pun menambahkan, Venezuela akan menjadi salah satu negara dengan kejatuhan ekonomi terdalam pada 6 dekade terakhir.

Menurut Presiden Nicolas Maduro yang sosialis, kemiskinan Venezuela disebabkan perang ekonomi yang dilancarkan oleh Amerika Serikat dan Eropa.

IMF pun memperkirakan ekonomi Vezuela dapat terkontraksi hingga 18 persen tahun ini, meningkat dari prediksi bulan April yang mencapai 15 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com