Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Usaha Suara.com IPO untuk Incar Dana Rp 20 miliar-Rp 60 Miliar

Kompas.com - 07/08/2018, 16:45 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber KONTAN

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Arkadia Digital Media berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran umum perdana saham kepada publik alias initial public offering (IPO). Pengelola portal berita Suara.com ini menawarkan saham perdana di kisaran Rp 200-Rp 400 per saham.

Perusahaan ini akan melepas 150 juta saham, atau setara 54,55 persen dari modal ditempatkan dan disetor. Sebanyak 100 juta saham merupakan saham baru dan 50 juta saham diambil dari saham pendiri.

"Harga saham setara price to book value (PBV) 1,8 kali hingga 2,2 kali," kata William Martaputra, Direktur Utama Arkadia Digital Media, Senin (6/8).

Masa penawaran saham perdana akan berlangsung pada 21-24 Agustus mendatang. Targetnya, saham Arkadia bisa mulai diperdagangkan di BEI pada 29 Agustus 2018.

Arkadia mencatatkan diri menggunakan laporan keuangan periode Maret 2018. Perusahaan media ini menunjuk Millenium Danatama Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi IPO.

Melalui hajatan ini, Arkadia menargetkan perolehan dana segar sebesar Rp 20 miliar hingga Rp 40 miliar. Rencananya, hasil IPO akan digunakan untuk belanja modal dan ekspansi.

"Dananya 36 persen dialokasikan untuk membeli hardware, untuk software 53 persen dan belanja modal sebesar 13 persen," papar William.

Sekadar informasi, Arkadia memiliki sejumlah portal berita, seperti Suara.com, Bolatimes.com, Matamata.com dan Hitekno.com. Saat ini, perusahaan ini tengah menyiapkan portal berita lainnya, yang akan spesifik pada segmen tertentu, seperti Dewiku.com untuk wanita, Mobimoto.com khusus otomotif, Guideku.com untuk bepergian dan F & B, serta HiMedik.com untuk kesehatan.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan prospek bisnis Arkadia Digital Media cukup bagus. "Dengan PBV di bawah tiga kali, perusahaan ini cukup menarik. Setidaknya secara fundamental perhitungan harga saham ini tidak overvalued," kata dia, Senin (6/8).

Lanjut William, prospek bisnis Arkadia di bidang media juga cukup bagus, terutama untuk salah satu produknya, yakni situs Suara.com. "Memasuki tahun politik akan banyak pengunjung situs yang mencari berita di Suara.com," klaim dia.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pemilik Suara.com IPO di harga Rp 200-Rp 400

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com