Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng BNI, Pelindo II Luncurkan Layanan Port Service Financing

Kompas.com - 07/08/2018, 18:58 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC bekerja sama dengan BNI meluncurkan layanan Port Service Financing (PSF) atau fasilitas pembiayaan atas jasa layanan kepelabuhan yang digunakan oleh pelanggan IPC.

Selain itu, IPC dan BNI juga meluncurkan IPC Smart Card, yaitu kartu elektronik yang digunakan untuk kartu akses masuk gerbang Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu, IPC Smart Card juga dapat digunakan untuk transaksi jalan tol, serta beberapa transaksi lain di supermarket.

"Layanan PSF ini menjamin kepastian transaksi atas jasa kepelabuhan di pelabuhan yang dieklola IPC selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, tanpa tergantung lagi pada ketersediaan uang tunai pengguna jasa. Dengan layana PSF ini, proses kegiatan sandar, bongkar muat, atau pelayanan jasa pandu kapal tak tengganggu lagi dengan masalah ketidaktersediaan uang tunai yang kadang-kadangdialami konsumen ketika berada di pelabuhan," sebut Direktur Utama IPC Elvyn G Masassya, melalui keterangan pers yang diberikan kepada Kompas.com, Selasa (7/8/2018).

Elvyn menjelaskan, fasilitas PSF juga dapat memudahkan pengguna layanan pelabuhans. Sebab dengan fasilitas PSF, ketika pengguna jasa tidak menyimpan dana tunai, BNI akan membayarkan semetara biaya jasa kepelabuhan.


"Kemudian, pengguna asa akan membayarkannya kepada BNI. Mirip seperti pengguna kartu kredit bagi si pengguna jasa," jelas Elvyn.

Sebagai informasi, program PSF merupakan komitmen BNI untuk menyalurkan kredit Supply Chain Financing (SCF) dengan total plafon sekitar Rp 500 miliar. Pada tahap awal, BNI menyiapkan Rp 20 miliar yang dikhususkan pada jasa layanan kapal dan jasa barang. Adapun sasaran pengguna program PSF adalah Perusahaan Keagenan Kapal dan Perusahaan Bongkar Muat (PBM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com