Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Dana Desa Bengkulu Belum Dimanfaatkan untuk BUMDes

Kompas.com - 08/08/2018, 05:48 WIB
Kurniasih Budi

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Pemanfaatan dana desa di Provinsi Bengkulu mesti difokuskan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dengan demikian, desa-desa di Provinsi Bengkulu bisa memiliki pendapatan yang lebih besar dibandingkan alokasi dana desa itu sendiri

"Kepada lepala desa, saya minta agar dana desanya mulai lebih banyak digunakan untuk pemberdayaan ekonomi sehingga desanya mempunyai pendapatan yang lebih besar dari dana desa,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo dalam pernyataan tertulis, Rabu (8/8/2018).

Menurut Eko, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat sekedar stimulus bagi masyarakat desa untuk menggerakkan perekonomian di wilayahnya masing-masing. Sementara, pendapatan utama desa justru diperoleh dari BUMDes.

Baca juga: 2019, Desa Diharapkan Dapat Dana Hingga Rp 1,3 Miliar Per Tahun

“Sekarang ini sudah banyak BUMDes yang keuntungan bersihnya lebih dari Rp 10 miliar. Bahkan, seperti daerah ponggok itu keluarga yang tidak mampu dibiayai oleh desa dan setiap rumah wajib menyekolahkan anaknya hingga universitas dengan dibiayai oleh desa. Kalau disana bisa, seharusnya di Bengkulu juga bisa," katanya.

Eko juga menyarankan agar pemanfaatan dana desa tidak fokus diarahkan ke pembangunan infrastruktur karena infrastruktur di Bengkulu sudah cukup memadai.

Potensi Bengkulu

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo meminta pemanfaatan dana desa di Provinsi Bengkulu mesti difokuskan untuk kegiatan peningkatan perekonomian desaDok. Humas Kemendes PDTT Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo meminta pemanfaatan dana desa di Provinsi Bengkulu mesti difokuskan untuk kegiatan peningkatan perekonomian desa

Dia menilai, Bengkulu merupakan salah satu provinsi kaya karena memiliki tanah yang subur, pantai yang indah, dan sumber daya manusia yang beretos kerja kuat dalam menggapai keinginannya membangun desa yang lebih baik.

Sayangnya, dengan semua potensi alam dan sumber daya manusia semacam itu, ternyata Bengkulu masih memiliki banyak desa tertinggal.

Oleh karenanya, Mendes PDTT menilai perlu ada gerakan bersama agar Bengkulu tidak lagi memiliki desa tertinggal.

"Saya berharap masyarakat Bengkulu dapat memanfaatkan dana desanya dengan baik dan ikut mengawal dana desa, sehingga desa-desa tertinggal ataupun desa miskin yang ada di Bengkulu bisa cepat terentaskan,” ujar dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com