Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF-World Bank Annual Meeting, Sekolah Dapat Hibah 400 Unit Komputer

Kompas.com - 08/08/2018, 07:03 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Group Annual Meeting di Bali bulan Oktober mendatang menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah sekolah. Hal itu dikarenakan sekolah-sekolah tersebut akan mendapat hibah unit komputer dengan total 400 unit.

"Komputer kami beli ada 400 unit. Nanti komputer dibagi ke sekolah di tiga tempat, Banyuwangi, Bali, dan Lombok. Kasih free buat mereka," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat berkunjung ke Menara Kompas, Selasa (7/8/2018).

Luhut mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk teknis pemberian unit komputer tersebut. Komputer itu akan digunakan terlebih dahulu dalam acara IMF-World Bank Group Annual Meeting dan setelahnya langsung diberikan ke sekolah-sekolah untuk dipakai dalam kegiatan belajar mengajar.

Menurut Luhut, itu baru satu dari sekian manfaat yang terasa ketika Indonesia jadi tuan rumah perhelatan internasional tersebut. Manfaat lain yang akan dirasakan masyarakat Indonesia untuk jangka panjang mencakup pembangunan infrastruktur hingga kepercayaan turis asing untuk kembali berlibur ke Indonesia.

"Dengan IMF-World Bank Group Annual Meeting, jadi itu cruise terminal di Bali, yang bertahun-tahun tidak pernah diselesaikan. Dari sana bisa ke Mandalika, Labuan Bajo, dan seterusnya. Garuda Wisnu Kencana kalau enggak ada Annual Meeting, enggak jadi-jadi itu," tutur Luhut.

Luhut berharap, semua lapisan masyarakat bisa mendukung IMF-World Bank Group Annual Meeting, sama seperti halnya mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan terselenggara beberapa hari lagi.

Dia minta agar masyarakat bisa bersatu mengutamakan kepentingan nasional, sehingga Indonesia bisa mendapat kesan positif di mata internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com