Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan Agar Tabungan Berlipat Ganda

Kompas.com - 08/08/2018, 12:24 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandakan tabungan mungkin tak seberat yang dipikirkan.

Sejumlah kebiasaan sederhana ini akan sangat membantu Anda, mulai hari ini, untuk membuat perubahan dalam pengelolaan keuangan.

Sebagaimana dikutip dari CNBC Make It, setidaknya ada enam strategi yang terbukti cukup berhasil bagi yang pensiun dini. Strategi itu pun tak membutuhkan banyak usaha untuk dilakukan. Jika Anda berhasil menerapkannya, maka hasilnya pun akan terllihat.

1. Lacak Pengeluaran

Jika ingin punya simpanan yang cukup banyak, Anda perlu tahu ke mana utamanya uang Anda mengalir. Banyak pensiunan dini memulai perjalanannya untuk mandiri secara finansial dengan menganalisis kebiasaannya berbelanja dan mencari tahu pengeluaran apa yang bisa dikurangi. 


"Dengan mengetahui bagaimana menghabiskan uang memungkinkan Anda menentukan apakah barang itu bernilai untuk Anda, dan di mana Anda bisa lebih fokus untuk mengurangi biayanya lebih lanjut," ujar Justin McCurry, seorang pensiunan dini.


2. Mengotomatiskan Semuanya

Mengotomatiskan kehidupan finansial Anda, seperti bertransaksi menggunakan rekening giro atau cek pembayaran ke akun investasi, rekening tabungan, maupun kreditur merupakan cara yang populer digunakan pensiun dini dan orang yang super berhemat.

"Ini akan menghentikanmu untuk menyabotase progress dari Anda sendiri," ujar Richard Meadows, pria yang berhasil menabung 100.000 dollar AS dalam tiga tahun.

"Jika Anda kehilangan tekad dan menghabiskan semua simpanan Anda untuk sepatu baru yang tidak benar-benar Anda butuhkan, maka Anda tidak akan ke mana-mana," lanjut dia.

Bagaimanapun, jika Anda secara otomatis menyisihkan uang dalam rekening pensiun atau tabungan untuk tujuan yang lebih besar seperti rumah atau mobil, Anda tak akan irit dalam menabung.

3. Mulai dengan Pergeseran Kecil

Chris Reining, salah satu pensiunan dini yang berhasil meraup 1 juta dollar AS portfolio di usia 35 tahun. Menurut dia, kunci menghemat separuh pendapatan dimulai dari hal yang kecil.

"Saya tahu banyak orang di luar sana yang tak masalah dengan latte seharga 5 dollar AS. Tapi semakin saya memikirkannya, memangkas latte seharga 5 dollar AS itu langkah awal yang baik," kata Reining.

"Sebab kalau Anda mencoba memperkecil rumahmu, menyingkirkan semua mobilmu dan membuat perubahan drastis, itu sangat luar biasa dan Anda tak perlu melakukan hal itu," lanjut dia.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com