Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bandara Angkasa Pura II Siap Menyambut Asian Games 2018

Kompas.com - 08/08/2018, 22:13 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyatakan empat bandara akan terlibat aktif dan langsung selama pagelaran Asian Games mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Ada empat bandara AP II yang terlibat yakni Soekarno-Hatta, Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Halim Perdanakusumah, dan Husein Sastranegara Bandung," kata Awaluddin saat memimpin apel peresmian Posko Asian Games 2018 di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (8/8/2018).

Awaluddin menyebutkan, keempat bandara tersebut telah disiapkan untuk menyambut Asian Games. Adapun kesiapan tersebut diwujudkan lewat pembangunan infrastruktur, penambahan fasilitas teknologi, dan komunikasi, dan traffic routes.

Dari empat bandara yang dilibatkan tersebut, dua di antaranya menjadi prioritas, yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Baca juga: Sejumlah Maskapai Internasional Minta Extra Flight Saat Asian Games

"Dua bandara yang jadi fokus utama adalah di Soekarno-Hatta dan Mahmud Badaruddin II. Yang jadi fokus utama di sana adalah soal airport capacity. Secara umum, di Soekarno-Hatta tidak terlalu banyak penambahan, tapi kalau di Palembang cukup banyak," jelas Awaluddin.

Di Bandara Soekarno-Hatta, Terminal 2 dan Terminal 3 Ultimate mendapatkan fokus lebih guna menyambut kedatangan dan kepulangan para kontingen Asian Games.

Awaluddin mengakui, AP II telah mempersiapkan pengelolaan slot parkir pesawat kontingen dan juga mempersiapkan pengelolaan ketibaan, kepulangan, dan penyambutan bagi kontingen dari negara lain.

"Sementara di Palembang, AP II menambahkan tiga garbarata, menyelesaikan sky bridge yang menghubungkan bandara dan stasiun LRT, reposisi parking stand menjadi 13 stand, relayout terminal, dan persiapan pengelolaan slot parkir pesawat kontingen serta mempersiapkan pengelolaan ketibaan, kepulangan, dan penyambutan," ucap Awaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com