Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Penggerak Wisata di Raja Ampat

Kompas.com - 12/08/2018, 05:10 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

SORONG, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyerahkan bantuan berupa bak penampung air kepada penggerak pariwisata di Raja Ampat, Sabtu (11/8/2018).

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng kepada Elly Dimarae, yang merupakan pendiri Piaynamo Homestay.

Dalam sambutannya, Sugeng mengatakan Bank Indonesia sangat memberi perhatian terhadap pariwisata yang dikembangkan masyarakat. Destinasi wisata yang baik akan menarik banyak wisatawan, utamanya dari mancanegara untuk berkunjung.

"Kami juga minta agar masyarakat juga menjaga agar kondisi lokasi wisata tetap terjaga dan bisa menegakkan aturan," katanya.

Bantuan BI ke masyarakat di kawasan Raja Ampat ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, bank sentral memberikan bantuan untuk pembangunan perpustakaan di Yenbuba yang juga berada di kawasan Raja Ampat.

Piaynamo Homestay merupakan penginapan untuk wisatawan Raja Ampat yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Menempati tanah ulayat, penginapan ini memiliki kapasitas menampung tamu hingga 50 orang. Penginapan ini adalah yang paling dekat dengan spot utama Raja Ampat.

Selama ini, Piaynamo Homestay ini menggunakan penampung dari plastik untuk menampung air yang digunakan untuk wisatawan.

Nantinya, Piaynamo Homestay akan memiliki penampung air yang lebih besar dengan kapasitas penampungan mencapai 10 ton air. Bak penampung air bantuan dari BI ini dibuat dari semen dan berada di atas bukit.

Sementara itu, Elly Dimarae menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com