Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kiat Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Kompas.com - 13/08/2018, 07:36 WIB
Erlangga Djumena

Editor

KOMPAS.com - Saat Anda memutuskan ingin membangun usaha, selain jenis usaha yang akan dilakukan, pasti kebutuhan yang terpikir dan tak kalah penting adalah modal. Di masa-masa awal membuka usaha, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit karena Anda membangun usaha dari nol.

Perihal modal sebenarnya tidak akan menjadi masalah ketika dana yang ada di tabungan jumlahnya mencukupi untuk dijadikan sebagai modal usaha.

Tapi tak semua orang punya dana tabungan yang mencukupi. Nah, langkah apa yang akan Anda lakukan?

Jika meminjam uang untuk modal usaha kepada teman atau keluarga pastinya jumlah yang bisa dipinjamkan tidak bisa terlalu banyak. Pinjam ke bank, umumnya mensyaratkan jaminan atau agunan yang tidak sedikit.

Baca juga: Butuh Pinjaman? Tentukan Sumber Pendanaanmu Sendiri...

Bagaimana bila mengajukan pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha? Langkah ini bisa menjadi solusi karena prosesnya relatif lebih mudah. Anda tidak perlu menyediakan agunan lebih dulu. Selain itu, pinjaman modal tanpa jaminan juga persyaratannya tidak serumit kredit usaha pada umumnya.

Mau ambil pinjaman tanpa agunan untuk usaha? Coba ikuti kiat di bawah ini, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

1.  Pilih pinjaman bunga murah

Kredit usaha pada umumnya mewajibkan calon nasabah untuk menyertakan izin usaha juga laporan keuangan usaha. Bagi usaha pemula atau startup, hal ini tentu saja sangat menyulitkan. Maka itu, akhirnya, banyak pengusaha pemula yang memilih pinjaman usaha modal usaha tanpa jaminan.

Namun, ada konsekuensi saat Anda memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Ketiadaan syarat agunan membuat jenis pinjaman ini mematok bunga yang lebih mahal. Sejauh ini tidak ada pinjaman tanpa agunan yang berbunga single digit. Kebanyakan di atas 10 persen per tahun.

Ini bisa Anda atasi dengan mencoba mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang memberikan bunga rendah, kurang dari 1 persen per bulan.

2.  Mengetahui skala usaha

Pertama-tama adalah mengetahui terlebih dahulu skala usaha yang akan Anda jalani. Apakah usahamu berskala kecil atau besar? Skala usaha ini bisa diketahui dari segmentasi pasar yang akan Anda tuju.

Misalnya untuk kalangan menengah ke bawah, maka modal dana yang Anda butuhkan hanya berkisar di angka puluhan juta. Lain halnya jika usahamu ini membidik pasar kalangan menengah ke atas, maka sudah pasti barang atau jasa usahamu memiliki kisaran harga jual yang cukup tinggi sehingga modal yang Anda butuhkan juga lebih banyak.

3.  Pilih tempat yang memberikan penawaran terbaik

Langkah berikutnya memilih dan menentukan tempat pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, sebagian besar orang memang akan memilih bank sebagai tempat pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com