Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkal Efek Turki, Argentina Naikkan Suku Bunga Jadi 45 Persen

Kompas.com - 14/08/2018, 10:10 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Bank sentral Argentina mengambil langkah cepat menangkal krisis keuangan Turki dan meneguhkan niat investor yang goyah akibat skandal korupsi mantan Presiden Christina Fernandez.

Banco Central de la Republica Argentina (BCRA) memutuskan kemarin Senin (13/8/2018), menaikkan bunga acuannya 500 basis poin ke level rekor tertinggi 45 persen. Bank sentral akan mempertahankan level ini setidaknya sampai Oktober.

BCRA juga mengatakan, akan melepas secara bertahap kepemilikan obligasi jangka pendek senilai 33,2 miliar dollar AS dengan tujuan mengurangi volatilitas peso ketika efek ini dirilis. Selain itu, bank sentral juga mengganti sistem lelang dollar agar lebih sulit diprediksi para trader dan spekulan.

Keputusan menaikkan bunga dan memperketat perdagangan dollar/peso ini diambil setelah mata uang Argentina menembus level 30 peso per dollar AS untuk pertama kalinya pada Senin. Peso akhirnya ditutup melemah 2,3 persen menjadi 29,93 perso per dollar AS.

Baca juga: Sebabkan Kurs dan Saham Asia Anjlok, Apa yang Terjadi di Turki?

Sejatinya, ini merupakan kali keempat BCRA menaikkan bunga di tahun ini. Peso Argentina sudah jatuh 38 persen sepanjang tahun ini, sementara imbal hasil obligasinya naik melewati 10 persen.

Tapi, mayoritas penjualan peso Argentina terjadi dua hari terakhir, yaitu sampai melemah 6 persen, dipicu kekhawatiran masalah Turki akan berimbas pada pasar berkembang.

Pengawas moneter Argentina ini juga mendorong investor tetap memegang peso, untuk menjaga kesehatan inflasinya yang sudah tinggi.

Seperti dikutip dari Financial Times, pasar memperkirakan, inflasi Argentina bisa mencapai 32 persen di akhir tahun 2018, sementara pada Juni lalu mencapai 29,5 persen.

"Bank sentral Argentina menunjukkan keputusannya mencegah pelemahan kurs dan kenaikan inflasi. Ini cara klasik untuk bereaksi atas pukulan pada kurs," kata Alberto Ramos, Head of Latin America research Goldman Sachs, dikutip Bloomberg.

Langkah Argentina ini berbeda dengan Turki, yang saat ini masih menolak menaikkan bunga untuk menjaga kurs lira. Alih-alih, kemarin, Bank Sentral Turki memutuskan menggelontorkan sederet pelonggaran likuiditas untuk mengurangi ketegangan terhadap masalah likuiditas perbankan. (Sanny Cicilia)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Argentina menaikkan bunga 500 bps ke rekor tertinggi 45%


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com