Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebutuhan Garam Nasional Capai 4,2 Juta Ton Per Tahun

Kompas.com - 14/08/2018, 20:45 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garam (persero) Budi Sasongko mengungkapkan, kebutuhan garam nasional mencapai 4,2 juta ton tiap tahunnya. Kebutuhan tersebut mencakup garam untuk konsumsi maupun industri.

Untuk menghasilkan 4,2 juta ton garam diperlukan lahan minimal seluas 40.000 hektar. Atas dasar itu, Indonesia masih kekurangan lahan untuk ladang garam guna mencapai swasembada.

"Sementara data KKP (lahan) milik PT Garam yang di Madura 5.000 hektar dan ditambah (lahan) nasional hanya 30.000 hektar. Jadi harus membuka lagi minimal 15.000 hektar. Itu baru (bisa) swasembada," ujar Budi di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/8/2018).

Budi menambahkan, produksi garam nasional untuk kebutuhan konsumsi bisa terpenuhi. Namun, untuk kebutuhan garam industri Indonesia masih melakukan impor.

"Untuk (garam) industrinya pasti masih impor karena klimatologi terbatas hanya 3-4 bulan, di Bipolo kemarin hujan juga," ucap dia.

Budi menuturkan, pihaknya masih terkendala penambahan lahan di NTT. Sebab, tanah di NTT kebanyakan tanah adat.

"Menurut saya kendala kalau enggak clear and clear kita bisa dengan rakyat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pertimbangan bupati barangkali masih memandang itu ulayat, kita ikuti ajalah apa yang direkomendasi bupati," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com