Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub soal Bangun Bandara Gandeng Swasta: Tolong Dicatat, KPBU Itu Bukan Menjual!

Kompas.com - 16/08/2018, 22:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pembangunan bandara, pelabuhan dan terminal menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). alias kerja sama dengan pihak swasta

Skema kerja sama dengan swasta tersebut membuat pembangunan-pembangunan infrastruktur tidak hanya mengandalkan dana dari APBN semata.

"Yang paling signifikan kami tentunya mengupayakan project KPBU. Tercatat ada 15 bandara, 20 pelabuhan, 5 terminal yang kita lakukan upaya KPBU," ujar Budi dalam konferensi pers RAPBN 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Budi menegaskan, dengan skema KPBU pemerintah bukannya menjual proyek infrastruktur tersebut.

Baca juga: Menhub Dorong Swasta Kolaborasi Bangun Bandara dan Pelabuhan

"Tolong dicatat, KPBU itu bukan menjual, tapi hanya mengerjasamakan konsesi dalam waktu tertentu. Biasanya 20 sampai 30 tahun," sambungnya.

Budi menambahkan, dengan skema KPBU pihaknya tak mengandalkan APBN dalam membangun proyek infrastruktur bandara, pelabuhan dan terminal.

"Dengan itu kami bisa melakukan efisiensi lebi dari Rp 1 triliun. Insya Allah kinerjanya pun akan lebih baik," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com