Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Geliat Bisnis di Tahuna, PLN Pastikan Aliran Listrik Tercukupi

Kompas.com - 17/08/2018, 16:38 WIB
Dean Pahrevi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

SANGIHE, KOMPAS.com - Dalam upaya meningkatkan geliat bisnis di Kabupaten Kepulauan Sangihe, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pastikan aliran listrik untuk sektor industri tercukupi di Tahuna.

General Manager PLN Wilayah Sulutenggo Edison Sipahutar mengatakan dengan daya mampu kelistrikan yang dimiliki, pihaknya siap penuhi kebutuhan listrik yang ada di Tahuna.

"Saat ini, daya mampu kelistrikan di Area Tahuna adalah 31,72 MW dengan beban puncak sebesar 15,09 MW. Ini menunjukkan bahwa PLN siap melayani kebutuhan listrik Tahuna. Sementara jumlah pelanggan PLN di Kab. Kepulauan Sangihe adalah 76.304 pelanggan," kata Edison Kepada Kompas.com, Kamis (16/8/2018).

Kini setidaknya terdapat 9 pelanggan bisnis baru yang menikmati listrik PLN dengan total daya 1.487 kVa. Edison menambahkan, pihaknya terus mendukung perkembangan ekonomi di Tahuna.

"Kita akan terus mendukung perkembangan ekonomi Sulawesi termasuk di Tahuna, yang perekonomiannya didukung oleh listrik PLN," tambah Edison.

Lalu, salah satu pelanggan bisinis PLN di Tahuna, Yance yang merupakan Kepala Petugas PT Anugerah Dynasti Sakti l, mengatakan dengan menggunakan listrik PLN, ongkos produksi yang dikeluarkan perusahaannya menjadi lebih murah.

“Biasa untuk membuat mix asphalt kita pakai solar 500 liter sehari, jadi untuk produksi sekitar 200 juta rupiah per bulan, dengan listrik PLN ini sebulan sekitar Rp 32 juta,” Kata Yance.

Yance menjelaskan pihaknya baru 3 bulan menggunakan listrik PLN dan sudah mendapatkan keuntungan yang besar. Lalu dia mengaku hasil produksi yang dihasilkan perusahaannya pun menjadi lebih optimal.

"Pakai listrik PLN untungnya jadi lebih besar buat kita karena lebih hemat. Produksi kita jadi lebih optimal, pasokannya pun jauh lebih andal, pokoknya jadi terjamin," jelas Yance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com