Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Investasi Obligasi SBR004? Simak Caranya

Kompas.com - 20/08/2018, 11:12 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Kementerian Keuangan resmi membuka masa penawaran Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR004.

Masa penawaran berlangsung mulai 20 Agustus hingga 13 September 2018. Pada penerbitan SBR004, kupon yang ditawarkan untuk periode tiga bulan pertama sebesar 8,05 persen dengan tenor dua tahun.

Direktur Jenderal PPR Luky Alfirman mengatakan, untuk mempermudah investasi, sejak SBR003 telah diterapkan pendaftaran online melalui e-SBN. Melalui aplikasi tersebut, pembelian SBR004 dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya menggunakan gadget.

"Kami berharap antusiasme investor dan masyarakat dalam berinvestasi dapat meningkatkan optimisme pasar SBN domestik dan keuangan inklusif akan semakin dalam dan luas di masa mendatang," kata Luky di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Baca juga: Dengan Rp 1 Juta Sudah Bisa Investasi SBR004

Pemerintah menetapkan minimum pembelian SBR004sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Tertarik ikut investasi surat utang pemerintah tersebut? Berikut langkah-langkah pembeliannya:

1. Registrasi
Calon investor harus terlebih dulu mendaftar melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis). Midis terdiri dari Bank Mandiri, BCA, BNI, Permata Bank, BRI, dan BTN; perusahaan efek PT Trimegah Sekuritas Indonesia, perusahaan efek khusus, dan perusahaan fintech.

Kemudian, calon investor memasukan sejumlah data, antara lain data diri, nomor Single Investor Identification (SID), nomor Rekening Dana, dan nomor Rekening Surat Berharga. Calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, atau rekening surat berharga, akan dibantu oleh Midis.

2. Pemesanan
Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR004 melalui sistem setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR004.

3. Pembayaran
Setelah pemesanan diverifikasi, calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email atau SMS sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran itu digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi, bisa melalui teller, ATM, internet banking, atau mobile banking, dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi
Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Setelah itu, calon investor akan menerima bukti notifikasi dan akan memperoleh alokasi SBR004 pada tanggal setelmen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com