Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Gempa, Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur Rusak Berat

Kompas.com - 20/08/2018, 14:18 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur yang menghubungkan Lombok dengan Pulau Sumbawa mengalami rusak berat akibat gempa yang terjadi pada Minggu (19/8/2018) malam.

“Akibat gempa semalam, Pelabuhan Kayangan rusak berat dan akibatnya tidak dapat difungsikan untuk sementara waktu,” ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, Senin (20/8/2018).

Adapun kerusakan infrastruktur dan fasilitas Pelabuhan Kayangan Lombok Timur meliputi causeway dan trestle di dermaga dua yang mengalami penurunan dan dalam keadaan retak. Sementara lapangan parkir yang berada dekat dermaga satu mengalami retak sebagian.

Akibat peristiwa tersebut, Pelabuhan Kayangan tak dapat melayani pelayaran hingga sekarang.

“Setelah kejadian gempa petugas yang ada di pelabuhan meninggalkan lokasi dan listrik dalam keadaan dipadamkan. Oleh karena itu, sejak gempa terjadi tadi malam tidak ada layanan pelayaran di Pelabuhan Kayangan,” jelas Budi.

Budi menambahkan, kegiatan di Pelabuhan Kayangan saat ini hanya sebatas bongkar muatan dari Pelabuhan Poto Tano.

“Karena masih ada guncangan kecil akibat gempa yang masih terasa pagi ini, maka kami akan tetap memantau kondisi terkini di lokasi gempa dan Pelabuhan Kayangan. Semoga kerusakan yang ada dapat segera diperbaiki dan dapat beroperasi dengan normal kembali,” pungkas Budi.

Seperti diketahui, gempa bumi dengan kekuatan 7 magnitudo kembali mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu pukul 21.56 WIB.

Gempa itu pun tak hanya sekali, beberapa gempa susulan dengan kekuatan 5 hingga 5,8 magnitudo terjadi dalam kurun waktu satu jam setelah gempa pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com