Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Bill & Gates Foundation, Bappenas Diskusi soal Vaksin Murah untuk Penyakit Paru-paru

Kompas.com - 21/08/2018, 15:32 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bertemu dengan perwakilan Bill & Melinda Gates Foundation untuk membahas isu seputar kesehatan anak di Indonesia, terutama pengadaan vaksin.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, Bambang menyampaikan, salah satu yang dibahas yakni tentang pengadaan vaksin murah untuk penyakit paru-paru yang berpotensi menyebabkan banyak kematian bagi anak di Indonesia.

"Nah, ini yang tadi kita bicarakan bagaimana agar vaksin ini bisa tersedia di Indonesia dengan harga yang terjangkau, karena (vaksin) ini sifatnya baru, belum bisa diproduksi oleh Indonesia. Untuk saat ini akan diupayakan pengadaannya melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," ujar Bambang, Selasa (21/8/2018).

Bambang menjelaskan, Bill & Melinda Gates Foundation berupaya untuk membantu Indonesia.

"Mereka ini filantropi ya. Jumlahnya (vaksin) tentunya sesuai dengan yang nanti akan kita bahas lebih lanjut lagi mengenai hal yang bisa mereka bisa lakukan," pungkasnya.

Bambang menambahkan apabila pengadaan vaksin bisa menggandeng PBB, maka bisa membuat harga vaksinnya jauh lebih murah dari pada pengadaan melalui swasta. "Sedang dicari mekanismenya supaya PBB bisa bisa terlibat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com