Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPKP: Hasil Audit BPJS Kesehatan Sudah Diserahkan ke Kemenkeu

Kompas.com - 21/08/2018, 19:16 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana menyatakan, pihaknya telah menyerahkan hasil audit laporan keuangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

"Sudah di sana, di Menteri Keuangan," ucap Ardan singkat saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Sayangnya, pihaknya enggan menjelaskan lebih lanjut soal audit tersebut, lantaran hasil audit laporan keuangan tersebut akan dibahas secara detil pada pekan depan.

"Itu kan di Menteri Keuangan. Nanti mau dibahas minggu depan," imbuh Ardan.

Di sisi lain, pihaknya juga enggan memaparkan lebih lanjut terkait besaran devisit keuangan BPJS Kesehatan. "Iya itu juga dibahas nanti, minggu depan," sambungnya.

Sebelumnya, Menkeu Sri Mulyani pernah mengatakan bahwa pemerintah menunggu hasil audit BPKP untuk mengetahui defisit anggaran BPJS Kesehatan. Audit itu diperlukan untuk mengetahui tagihan yang sudah dibayarkan oleh pemerintah selama 2018 ini.

"Kemudian, kita juga ingin melihat polanya selama ini ke belakang sehingga kita juga bisa melihat sebetulnya trend dari masyarakat dalam menggunakan fasilitas kesehatan itu seperti apa," kata Sri Mulyani.

Jika hasil audit sudah rampung, pemerintah kemudian baru mengambil langkah untuk menutupi defisit anggaran BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan menperkirakan bakal mengalami defisit pada 2018 mencapai Rp 16,5 triliun. Atas dasar itu, BPJS Kesehatan saat ini masih berupaya mengefisienkan pengeluaran untuk mengurangi angka defisit tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com