Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panitia Asian Games Janjikan Penjualan Tiket Lebih Mudah

Kompas.com - 22/08/2018, 13:36 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Pelaksana Asian Games 2018 menjanjikan layanan penjualan tiket bagi masyarakat akan lebih mudah. Kemudahan itu ditawarkan dengan menggandeng tiga mitra resmi penjualan tiket yang memiliki metode tersendiri, yaitu KiosTix, Blibli.com, serta LOKET.

"Kolaborasi dan sinergi dari ketiga mitra tersebut menghasilkan peningkatan dalam hal kenyamanan masyarakat karena mampu menghilangkan proses penukaran e-voucher dan menggantikannya dengan sistem e-ticket dan dapat langsung dicetak sebagai tanda masuk," demikian keterangan resmi dari Panitia Pelaksana Asian Games 2018 kepada Kompas.com pada Selasa (21/8/2018) malam. 

Masalah tiket sebelumnya sempat mengemuka, terutama pada waktu acara pembukaan Asian Games 2018. Saat itu, tidak sedikit dari mereka yang telah membeli tiket VIP seharga Rp 5 juta tidak bisa mendapatkan tempat duduk karena banyak tiket yang terduplikasi dan terjual kepada orang lain, membuat penonton berebut untuk tempat duduk yang sama. 

Menurut CEO KiosTix Ade Sulistioputra, kolaborasi dengan Blibli.com dan LOKET dapat membantu penambahan titik distribusi dalam rangka mengatasi permasalahan lalu lintas data yang tinggi. Sementara CEO LOKET Edy Sulistyo mengungkapkan, pihaknya akan menerapkan teknologi traffic management dengan metode scan barcode agar terhindar dari double seat.

"Dengan teknologi serta kemampuan dalam Ticket Management System, termasuk ticket distribution, kami optimis dapat berkolaborasi dengan baik untuk mensukseskan Asian Games," tutur Edy.

Panitia Pelaksana Asian Games juga menambah titik-titik penjualan di setiap lokasi pertandingan yang ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Titik penjualan itu buka mulai pukul 07.00 WIB setiap hari, di mana Pintu 7 SUGBK sebagai titik penjualan tiket festival.

Tiket cabang olahraga di area tersebut, seperti badminton, renang, softball, voli, basket, dan atletik bisa dibeli di loket tiket yang ada di sepanjang jalan Pintu 1 Senayan, seberang Hotel Century. Pembelian secara langsung atau on the spot bisa dilakukan pada hari yang sama saat pertandingan digelar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com