Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Beri Bantuan untuk Korban Bencana Gempa Lombok

Kompas.com - 22/08/2018, 19:21 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI akan menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bertajuk "Dari KKP untuk Lombok," hingga awal pekan ini telah terkumpul berbagai macam bantuan yang akan diberikan kepada korban gempa di Lombok.

"Masing-masing pribadi karyawan mengumpulkan uang tunai (yang totalnya) sebesar Rp 396,614 juta," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari IV Kementrian Kelautan dan Perikanan, Selasa (21/8/2018).

Susi menambahkan, selain uang tunai, ada pula sumbangan logistik yakni 60 buah terpal, 11 kardus berisi pakaian layak pakai, 525 buah selimut, 45 buah mukena, dan kerudung sebanyak 20 buah.

Akan disalurkan pula hewan kurban, yakni 3 ekor sapi dan 21 ekor kambing. Hewan kurban ini akan disalurkan ke 5 dusun di wilayah Lombok.

Adapun rincianya adalah Dusun Tukak Bendu yang terletak di kaki Gunung Rinjani akan disalurkan 1 ekor sapi dan 7 ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakai. Kedua, Dusun Nipah yang merupakan desa sentra nelayan akan disalurkan 4 ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakai.

Ketiga, Dusun Mentigi yang juga sentra nelayan akan disalurkan 4 ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakai. Keempat, Dusun Sorong Jukung dan Dusun Penyambuan, juga sentra nelayan, akan disalurkan 1 ekor sapi, 3 ekor kambing, selimut, terpal, ikan kalengan, baju layak pakan.

Terakhir, Dusun Sembalun Bumbung akan disalurkan 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Selain KKP yang akan menyalurkan bantuan, Susi juga mengungkapkan bahwa dari Pandu Laut Nusantara pun sedang mengumpulkan sumbangan.

"Kawan-kawan dari Pandu Laut Nusantara juga sedang mengumpulkan sumbangan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com