Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Luhut: Ketahanan Ekonomi Indonesia Cukup Baik

Kompas.com - 23/08/2018, 19:37 WIB
Ghinan Salman,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com -  Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada pada jalur yang benar atau on the right track.

Hal itu ditunjukkan dengan berbagai indikasi, yakni penurunan rasio kemiskinan, kesenjangan, dan akselerasi pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Perekonomian nasional mampu tumbuh sebesar 5,27 persem pada semester II 2018, atau yang tercepat sejak semester I Tahun 2014. Ini semua dicapai di tengah perlambatan dan ketidakpastian ekonomi global. Ini menunjukkan ketahanan ekonomi Indonesia cukup baik," ujar Menko Luhut saat menghadiri acara "Global Ekonomi Masa Kini di Indonesia" di Ranch Market Surabaya, Kamis (23/8/2018).

Menurut dia, tantangan ketidakpastian ekonomi global diperkirakan akan semakin kuat, ini dipicu oleh rencana kenaikan suku bunga dan ancaman perang dagang dari Amerika Serikat.

Baca juga: Oposisi, Utang, dan Ekonomi Indonesia

"Ini menyebabkan penguatan dollar AS terhadap hampir seluruh mata uang dari negara berkembang, termasuk rupiah. Namun pelemahan rupiah masih dalam batas normal” katanya.

Pemerintah sendiri lanjutnya, telah mengambil langkah-langkah strategis untuk memperkuat nilai rupiah.

Upaya tersebut antara lain, menggunakan biodiesel B20 untuk solar PSO dan Non PSO, meningkatkan sektor pariwiata untuk menarik devisa dari wisatawan asing, meningkatkan penggunaan komponen local, dan meningkatkan daya dorong belanja pemerintah untuk menggerakkan ekonomi domestik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com