Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Holtekamp Jayapura Dipastikan Rampung Desember 2018

Kompas.com - 24/08/2018, 14:16 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua diperkirakan akan rampung pada bulan Desember 2018.

Saat ini, pembangunan jembatan tersebut sudah mencapai 99,64 persen. Akan tetapi, masih menunggu akses jalan ke Holtekamp untuk bisa diresmikan dan digunakan masyarakat.

"Insya Allah ini yang jembatannya sudah selesai penuh, tetapi akses jalan aksesnya dari Jayapura maupun yang masuk ke Holtekamp itu mungkin baru selesai Desember," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno, di Holtekamp, Jayapura, Papua, Jumat (24/8/2018).

Rini mengungkapkan, pihaknya berharap jembatan tersebut dapat segera tersambung. Dengan demikian, jembatan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk Toha Fauzi pembangunan jembatan ini relatif tidak memiliki masalah dan pembangunan bisa dilakukan secara cepat.

Hanya saja, metode pembangunan ini sempat diubah karena area jembatan tersebut merupakan area gempa.

"Tantangan awalnya karena di sini area gempa sehingga metodenya kita ubah. Erection (pemasangan)-nya biasanya di daerah sini pabrikasinya di Surabaya kita bawa ke sini. Memang yang berisiko paling tinggi itu pada saat melakukan pengangkutan dari Surabaya," kata dia.

Dalam pembangunannya, proyek ini meraih dua rekor dunia sebagai pengiriman rangka baja pelengkung bagian tengah secara utuh dengan jarak terjauh yaitu 3.200 km.

Rekor lainnya adalah rekor dunia untuk pengangkatan dan pemasangan rangka baja jembatan dalam bentuk utuh terpanjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com