Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Sebut Bakal Terus Lawan Perang Dagang AS

Kompas.com - 25/08/2018, 00:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber BBC

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China menyatakan bakal terus melawan apabila AS menerapkan lebih banyak tarif impor.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan China Liu Kun. Menurut dia seperti dikutip dari BBC, Jumat (24/8/2018), China bakal merespon kebijakan AS yang 'tak beralasan' tersebut dengan tegas.

Pada Kamis (23/8/2018) waktu setempat, AS menerapkan gelombang kedua tarif impor terhadap produk-produk dari China dengan total nilai 16 miliar dollar AS. China pun langsung meresponnya.

Pembicaraan perdagangan selama dua hari antara AS dengan China gagal menghasilkan progres. Ketegangan perdagangan antara kedua negara saat ini membuat keduanya menerapkan 25 persen tarif impor dengan total nilai 50 miliar dollar AS.

AS pun mengancam China dengan gelombang ketiga tarif impor barang-barang dari Negeri Tirai Bambu tersebut dengan total nilai 200 miliar dollar AS. Kebijakan ini disebut mulai berlaku bulan depan.

Presiden AS Donald Trump pun menyatakan bisa saja pemerintahannya menerapkan tarif impor untuk seluruh barang dari China yang nilainya mencapai 500 miliar dollar AS.

"China tidak ingin terlibat dalam perang dagang, tapi kami akan sangat tegas merespon kebijakan tak beralasan yang dilakukan AS. Jika AS bersikeras dengan kebijakan itu, kami akan mengambil langkah respon untuk melindungi kepentingan kami," tegas Liu.

Dia mengatakan, sejauh ini dampak perang dagang terhadap ekonomi China belum signifikan. Namun, belanja pemerintah akan meningkat untuk mendukung para pekerja yang terdampak tarif impor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com