Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanamduit Jadi Agen Penjual SBN SBR004

Kompas.com - 27/08/2018, 20:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi Tanamduit kembali bergerak di sektor investasi dengan menjual Surat Berharga Negara (SBN) berjenis SBR004 dan reksa dana. Sebelumnya, Tanamduit telah menjual surat utang SBR003.

"Kini, eksisting maupun potensial nasabah dapat membeli SBR004 dan reksa dana sekaligus dalam satu aplikasi Tanamduit. Fitur investasi tersebut kami kembangkan untuk memudahkan nasabah berinvestasi melalui aplikasi," kata Direktur Pengembangan Bisnis Tanamduit Muhammad Hanif dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/8/2018).

Adapun keputusan PT Star Mercato Capital selaku pengelola aplikasi Tanamduit menjual instrumen SBN SBR004 tak terlepas dari banyaknya investor ritel yang telah digaetnya.

“Peminat SBR ini cukup tinggi karena terbilang investasi yang aman, terjangkau dan menguntungkan, terlebih jika investor membeli lewat tanamduit, kami akan berikan promo cashback sebesar dua persen," sambung Hanif.

Di sisi lain, penjualan SBR004 ini juga menjadi strategi Tanamduit untuk meningkatkan modal guna ekspansi bisnisnya.

“Sebagai bagian dari strategi bisnis, kami sedang melakukan proses penambahan modal. Diharapkan dalam kuartal ketiga ini dapat segera terealisasi yang akan digunakan sebagai tambahan modal kerja dan pengembangan bisnis," ujar Hanif.

Hanif menambahkan, pembelian instrumen SBR004 melalui Tanamduit dapat dilakukan secara online dengan dua cara yakni melalui situs sbnritel.tanamduit.com atau aplikasi Tanamduit di Android dan iOS.

Hanif juga menjelaskan bahwa pembelian SBR004 ini minimal Rp 1 juta dan maksimal sebesar Rp 3 miliar. Kemudian, sama seperti produk SBR sebelumnya, SBR004 tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan hingga jatuh tempo kecuali pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption).

"Pembayarannya dapat dilakukan melalui teller, ATM, maupun internet banking. Selain itu, Tanamduit tidak memungut biaya untuk seluruh proses pembukaan rekening, pengiriman kupon maupun administrasinya," imbuh Hanif.

SBR004 sendiri memiliki besaran kupon sebesar 8,05 persen lebih tinggi dari SBR003 atau seri sebelumnya yang hanya sebesar 6,8 persen.

Berdasarkan hasil penjualan surat utang seri sebelumnya (SBR003), pemesan dominan melalui Tanamduit adalah generasi milenial.

"Tanamduit bersama dengan mitra distribusi fintech lainnya berkontribusi sebanyak 14 persen dari jumlah total investor dengan hasil yang dihimpun oleh Tanamduit sendiri sebesar 0,32 persen atau sebesar Rp 6,2 miliar," pungkas Hanif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com