Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kucurkan Investasi 500 Juta Dollar AS untuk Uber

Kompas.com - 28/08/2018, 13:09 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa otomotif Toyota Motor Corp mengembangkan kerja samanya dengan perusahaan teknologi penyedia aplikasi transportasi Uber Technologies Inc melalui investasi baru dan rencana untuk bisa mengimplementasikan mobil swa-kemudi (self-driving car).

Dikutip melalui Bloomberg, produsen otomotif asal Jepang ini berencana akan menginvestasikan 500 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 7,3 triliun (kurs Rp 14.600 per dollar AS). Dengan demikian, investasi Toyota ini akan membuat kapitalisasi Uber mencapai 27 miliar dollar AS.

Sebagai bagian dari perjanjian, Toyota akan memproduksi mobil jenis minivan Sienna yang dilengkapi dengan teknologi swa-kemudi, sementara perusahaan lain akan mengoperasikan fleet atau pergantian armada dalam jumlah besar. Mereka masih mencari mitra ketiga yang akan menjadi konsumen fleet ini.

Namun, juru bicara dari Uber dan Toyota tidak memberikan komentar terkait hal ini. Sebelumnya, Wall Street Journal telah memberitakan investasi tersebut, namun belum kepada detil mengenai kerja sama terkait mobil tanpa pengemudi ini.

CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan, saat ini Uber masih mencari cara untuk bisa menyeimbangkan kondisi perusahaan setelah harus melalui guncangan serta skandal perusahaan lantaran kecelakaan yang menyebabkan seorang pejalan kaki meninggal dunia setelah ditabrak mobil tanpa pengendara tersebut.

Selama periode itu, harga saham Uber terus bergerak secara tidak stabil.

Kesepakatan dengan Toyota ini meningkatkan nilai perusahaan Uber sebesar 15 persen dari investasi yang pernah terjadi sebelumnya, dan setara dengan saham yang diberikan kepada anak perusahaan Alphabet Waymo selepas Uber menyelesaikan masalah hukum terkait kecelakaan mobil tanpa pengendara tersebut.  Sejumlah investor pun menilai Uber dapat menyentuh valuasi pasar 62 miliar dollar AS tahun ini.

Toyota pun terus mempertahankan kerja sama dengan Uber sejak investasi pertamanya pada tahun 2016. Toyota Financial Services Corp pun memberikan insentif kepada pengemudi Uber untuk membeli kendaraan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com