Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lirik B20, Salim Ivomas Pratama Masih Pertimbangkan Investasi

Kompas.com - 29/08/2018, 18:25 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) mulai melirik pasar Biodiesel 20 persen atau B20. Namun, mereka belum berencana untuk berinvestasi di sektor yang saat ini menjadi primadona pelaku usaha pertambangan energi.

Direktur SIMP Johnny Ponto mengatakan, saat ini pihaknya masih mempertimbangkan dan mengkaji untuk berinvestasi di sektor tersebut.

"Kalau untuk B20, kita sedang kaji apakah kita mau bermain dan investasi ke sana," ujar Johnny di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Johnny mengakui kebijakan soal B20 merupakan sesuatu yang positif. Apalagi, belakangan permintaannya naik disebabkan kesiapan pemerintah dalam pengadaan biodiesel untuk B20.

"Jadi untuk saat ini masih kajian," kata Johnny.

Untuk semester I 2018, total produksi CPO turun 2 persen secara tahunan (yoy) menjadi 385.000 ton. Johnny mengatakan, kinerja perseroan semester I 2018 dipengaruhi penurunan kontribusi, baik dari divisi minyak dan lemak nabati serta divisi perkebunan seiring turunnya volume penjualan produk sawit.

Selain itu, penurunan harga jual rata-rata produk sawit dan karet juga berdampak pada kinerja perseroan.

"Kinerja perseroan terutama dipengaruhi realisasi persediaan CPO serta harga-harga komoditas yang lebih rendah," kata Johnny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com