Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanri Abeng: Nicke Harus Menjabat Dirut Pertamina Selama 5 Tahun

Kompas.com - 30/08/2018, 05:25 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN selaku wakil pemegang saham PT Pertamina telah resmi menunjuk Nicke Widyawati menjadi direktur utama BUMN migas tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng meminta agar Kementerian BUMN bisa memberikan kesempatan maksimal kepada Nicke untuk memimpin Pertamina.

"Saya di komisaris minta secara khusus di RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) agar diberi kesempatan direksi khususnya dirut untuk (menjabat) 5 tahun," kata dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Menurut Tanri Abeng, posisi Nicke sebagai direktur utama paling krusial mendapatkan waktu maksimal itu. Pasalnya, Nicke akan bertanggung jawab untuk merumuskan semua hal terkait kerja Pertamina mulai dari hulu, hilir, hingga pembangunan kilang.

"Pertamina sudah seperampat abad lho ketinggalan, SDM terabaikan. Maka saya tadi usualkan atas nama Dewan Komisaris supaya dirut definitif ini tidak diganti-ganti," jelas Tanri Abeng.

Di sisi lain, mantan Menteri BUMN itu pun meyakini bahwa Nicke mampu membawa Pertamina menjadi perusahaan milik negara lebih baik ke depannya.

"Menurut saya dia mampu dan saya rekomendasi, tetapi yang menentukan kan menteri. Jadi paling tidak dipertahankan sampai 5 tahun," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com