Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Neno Warisman Pakai Mikrofon Pesawat, Lion Air Masih Lakukan Pemeriksaan

Kompas.com - 30/08/2018, 18:41 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Lion Air sampai saat ini masih memeriksa beberapa pilot dan awak kabin pesawat JT297, yang memperbolehkan Neno Warisman selaku penumpang menggunakan mikrofon pesawat atau peralatan Public Announcement (PA).

"Pemeriksaan sampai sekarang masih berlangsung sehingga untuk kesimpulannya nanti setelah selesai pemeriksaan. Ini sedang diinvestigasi terus menerus," ujar Managing Director Lion Air Daniel Putut Kuncoro Adi saat jumpa pers di Lion Air Tower, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Menurut Daniel, pemeriksaan tersebut paling cepat berlangsung selama dua pekan. Selama masa itu pula seluruh awak pesawat JT297 dilarang terbang atau grounded.

Adapun masa grounded tersebut bisa diterapkan lebih lama jika hasil investigasi manajemen Lion Air menunjukkan bahwa awak pesawat benar mengizinkan Neno Warisman menggunakan peralatan PA tersebut.

Baca juga: Buntut Kasus Neno Warisman, Pilot Lion Air Laporkan Akun Medsos ke Polisi

"Kalau ternyata ada ketidakpahaman prosedur dan ketidakpatuhan terhadap aturan, maka manajemen akan memasukkan awak pesawat tersebut ke kelas lagi, belajar lagi, masuk kelas CRM dan masa grounded yang misalnya tadinya dua minggu bisa bertambah lagi," jelas Daniel.

Di sisi lain, Daniel juga memastikan bahwa pihaknya belum ada rencana melakukan pemecatan terhadap seluruh awak pesawat JT297 yang diperiksa.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa penggunaan mikrofon oleh Neno Warisman terjadi dalam pesawat Lion Air JT297 dengan rute Pekanbaru-Jakarta yang terbang pada 25 Agustus 2018.

"Setelah pesawat terbang beberapa menit dan tanda dikenakan sabuk pengaman dipadamkan, salah satu penumpang (Neno Warisman) meminta izin kepada awak kabin untuk menggunakan alat PA guna menyampaikan atau mengumumkan sesuatu kepada penumpang lain. Permintaan itu dikabulkan dan diizinkan oleh awak kabin yang bertugas di bagian depan," kata Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro kepada Kompas.com, Selasa (28/8/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com