Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Ancam Cabut Keanggotaan AS dari WTO

Kompas.com - 31/08/2018, 16:53 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber BBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden  Donald Trump mengancam akan mengeluarkan Amerika Serikat dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) jika badan itu tidak mengubah caranya dalam memperlakukan AS.

"Jika mereka tidak berbenah, saya akan mundur dari WTO," ujar Trump dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari BBC, Jumat (31/8/2018).

Sebagai informasi, WTO didirikan untuk mengeluarkan berbagai aturan terkait perdagangan global sekaligus menyelesaikan sengketa antar negara. Adapun di sisi lain, Trump mengeluarkan berbagai kebijakan perdagangan yang bersifat proteksionis, serta mengatakan negaranya diperlakukan dengan tidak adil oleh badan tersebut.

Peringatannya terkait kemungkinan AS keluar dari WTO lantaran konflik yang disebabkan perbedaan pandangan antara kebijakan perdagangan Trump dengan sistem perdagnagn terbuka yang diterapkan oleh WTO di seluruh dunia.

Secara terpisah, Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer juga menuduh WTO ikut campur dengan kedaulatan Amerika. Sebelumnya, Trump telah menekankan tidak adilnya perdagangan bahkan sejak dirinya belum menjadi presiden.

AS pun telah menyulut berbagai konflik perdagangan dengan beberapa mitra dagangnya beberapa bulan belakangan. Yang paling menarik perhatian adalah aksi saling balas tarif yang terjadi antara mereka dengan China.

Dua negara tersebut merupakan ekonomi terbesar dunia. Sehingga, konflik di antara keduanya turut memengaruhi perdagangan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com