Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Populer: Jack Ma Bertemu dengan Para Menteri hingga Erdogan Kurangi Peran Dollar AS

Kompas.com - 04/09/2018, 06:11 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Jack Ma Bertemu dengan Menteri-menteri, Ini yang Dibicarakan

Setelah menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Sabtu (1/9/2018), pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma bertemu dengan para menteri di bidang ekonomi, Minggu (2/9/2018).

Dalam pertemuan tertutup itu, Jack Ma memberikan sejumlah saran dan masukan untuk peta jalan e-commerce Indonesia.

Para menteri yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Selain itu, turut hadir Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Hubungan Internasional dan Investasi, Shinta Widjaja Kamdani, dan pihak terkait lainnya.

"Jack Ma diundang dalam kaitan road map e-commerce yang sedang disusun pemerintah. Jack Ma dulu pernah diminta oleh Presiden jadi advisor untuk membantu Indonesia. Pak Menko mengundang Jack Ma untuk bisa memberikan saran-saran dan follow up setelah beliau bertemu Presiden kemarin di Istana," kata Shinta saat dihubungi Kompas.com, Minggu malam.

Baca selengkapnya:  Jack Ma Bertemu dengan Para Menteri, Ini yang Dibicarakan

2. 3 Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

Berinvestasi sekarang ini banyak jadi pilihan karena dinilai lebih menjanjikan ketimbang sekadar menabung. Melakukan investasi di dalam keuangan merupakan langkah yang banyak diambil, terutama oleh mereka yang memahami dengan baik bagaimana cara mengelola keuangan dengan tepat.

Investasi juga dianggap sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjamin keuangan pada masa yang akan datang, mengingat kapan saja berbagai risiko bisa saja terjadi di dalam keuangan itu sendiri.

Jenis investasi itu sendiri ada tiga, yakni investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Jika investasi jangka panjang pada umumnya dilakukan untuk batas waktu di atas 10 tahun, investasi jangka pendek hanya dilakukan untuk 1 hingga 12 bulan saja. Artinya, investasi jangka pendek ini pada umunya akan mudah dicairkan/diuangkan.

Bila melihat waktunya yang terbilang sangat singkat ini, sangat penting untuk mencari jenis investasi yang tidak mengalami perubahan harga secara signifikan atau fluktuatif. Hal ini penting, untuk mengatasi resiko kerugian yang mungkin saja muncul akibat perubahan harga yang cepat tersebut.

Baca selengkapnya: 3 Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

3. Mulai Hari Ini, Bawa Uang Kertas Asing Rp 1 Miliar ke Atas Kena Denda!

Larangan pembawaan Uang Kertas Asing (UKA) dengan nilai setara atau lebih dari Rp 1 miliar oleh orang atau korporasi, mulai berlaku Senin (3/9/2018) ini.

Dengan demikian, yang bisa membawa UKA dengan jumlah itu hanya badan berizin, yaitu bank dan penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA) bukan bank yang telah memperoleh izin dan persetujuan dari Bank Indonesia (BI).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com