Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populerkan Isu Energi, Unsada Bentuk Ikatan Alumni Energi Terbarukan

Kompas.com - 04/09/2018, 20:29 WIB
Aprillia Ika,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alumni Sekolah Pascasarjana Energi Terbarukan Universitas Darma Persada (Unsada) meresmikan pembentukan Ikatan Alumni Energi Terbarukan (Ilunet).

Pembentukan Ilunet diharapkan dapat menjadi wadah bagi para alumni untuk memperkenalkan dan meningkatkan aplikasi energi terbarukan di masyarakat.

Deklarasi pembentukan Ilunet dilaksanakan di Ruang Sasana Wiyata, Gedung Rektorat Unsada, Jakarta dan dihadiri 18 peserta.

Deklarasi ini disaksikan oleh Rektor Unsada Dadang Solihin dan Direktur Sekolah Pascasarjana Energi Terbarukan Kamaruddin Abdullah pada Sabtu (1/9/2018).

Baca juga: Menggarap Potensi Energi Listrik dari Sampah Perkotaan

“Kami berharap para alumni dapat mempopulerkan isu energi terbarukan di tempat kerja masing-masing,” kata Kamaruddin Abdullah, melalui rilis pers ke Kompas.com.

Sedangkan Dadang Solihin menyatakan bahwa isu energi terbarukan merupakan isu yang menarik di dunia internasional, karena salah satu target dalam Sustainable Development Goals adalah energi terbarukan.

“Saya mendukung terbentuknya ikatan alumni ini, dan saya berharap Ilunet dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan bidang energi terbarukan di Indonesia dan di dunia international,” kata Dadang.

Pada deklarasi Ilunet ini juga dibentuk susunan pengurus Ilunet. Ketua Umum Ilunet Henny Handayani menyatakan, ikatan alumni ini akan mendukung upaya sosialisasi energi terbarukan bersama alumni pendidikan energi terbarukan lain.

Baca juga: Lahan Parkir Diberi Panel Surya, Unsada Manfaatkan Energi Terbarukan

Misal dengan cara berafiliasi dengan organisasi-organisasi lain yang juga bergerak di bidang energi terbarukan, seperti Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI).

Sebagai informasi, Sekolah Pascasarjana Energi Terbarukan didirikan Unsada sejak 2010 dan sampai dengan 1 September 2018 telah memiliki 29 alumni.

Tujuan pendirian Sekolah Pascasarjana Energi Terbarukan adalah untuk mencetak sumber daya manusia yang memahami konsep dan falsafah pembangunan yang holistik yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi berbasis sumber energi terbarukan setempat untuk kesejahteraan bersama di Indonesia.

Kompas TV Harga minyak dunia yang merangkak naik jadi salah satu tantangan pemerintah saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com