Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajakan untuk Bertransaksi dalam Rupiah Mulai Didorong

Kompas.com - 05/09/2018, 12:32 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS per hari Rabu (5/9/2018) ini ada pada level Rp 14.927 berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor).

Meski pelemahan rupiah terus berlangsung akibat tekanan eksternal, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dengan menukarkan valas mereka ke rupiah untuk sementara ini.

"Ajakan penukaran rupiah tersebut penting guna menciptakan stabilitas psikologis masyarakat," kata Abra Talattov, peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), kepada Kompas.com, Rabu (5/9/2018).

Abra mengungkapkan, gerakan beralih ke rupiah bisa dimulai dari para pejabat sebagai contoh bagi masyarakat secara luas. Selain pejabat, beberapa BUMN juga dapat menukarkan sebagian asetnya dari dollar AS ke rupiah.

Tujuan ajakan menukar valas ke rupiah dilakukan dalam rangka menahan laju sentimen negatif akibat pelemahan rupiah yang terus berlanjut. Jika hal ini tidak ditahan,  dikhawatirkan akan jadi kekhawatiran di pasar yang meluas dan berujung berkurangnya confidence terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

"Hal yang paling dikhawatirkan ialah kalau sampai gejolak rupiah saat ini menciptakan sentimen negatif yang semakin membesar menjadi kecemasan massal," tutur Abra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com