Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus 2018, Keyakinan Konsumen Indonesia Turun

Kompas.com - 06/09/2018, 19:30 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) merilis hasi Survei Konsumen bulan Agustus pada hari Kamis, (6/9/2018). Berdasarkan data tersebut, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2018 turun dari 124,8 pada bulan Juli 2018 menjadi 121,6.

Meski menurun, BI menilai otimisme konsumen tetap terjaga lantaran IKK tetap berada di zona optimis, yakni di atas 100.

"Penurunan IKK terjadi pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran responden, terdalam pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1 hingga Rp 5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, penurunan IKK terjadi pada hampir seluruh kelompok usia responden, terutama pada responden berusia 51 sampai 60 tahun," sebut BI dalam keterangan tertulisnya.

Adapun dari segi wilayah, sebanyak 11 kota pelaksana survei mengalami penurunan IKK pada Agustus 2018, dengan penurunan terdalam terjadi di Kota Mataram (-14,4 poin) yang ditengarai akibat dampak gempa.

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini pun terjadi penurunan. Ini tercermin dari Indkes Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Agustus 2018 yang lebih rendah dibandingkan bulan Juli 2018, di mana masing-masing sebesar 109,2 dan 115,0.

"Terutama dipengaruhi oleh indikator ketersediaan lapangan kerja yang berada pada level pesimis yaitu 93,9. Secara spasial, melemahnya IKE terjadi di 14 kota dengan penurunan terdalam di Banten sebesar -18,4 poin," tulis bank sentral.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang, yakni November 2018 diperkirakan relatif stabil. Ekspektasi terhadap perkembangan harga ke depan ini didukung persepsi positif konsumen terhadap ketersediaan barang dan jasa yang cukup memadai dan distribusi barang yang lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com