Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Genjot Produksi Gas untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 13/09/2018, 15:17 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berkomitmen menggenjot produksi gas bumi demi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Untuk membahas hal tersebut, Kantor Staf Presiden (KSP) menggelar rapat koordinasi yang dihadiri lintas kementerian dan lembaga di Kantor KSP, Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

"Jadi ini forum dialog mengenai bagaimana usaha kita agar gas menjadi prime over untuk pertumbuhan ekonomi kita," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar yang turut hadir di rapat itu.

Arcandra menyebutkan, saat ini pihaknya sedang merancang neraca gas bumi baru yang lebih akurat dalam rangka menggenjot produksi gas di Indonesia.

Baca juga: PGN Pasok Gas Pabrik Baja Otomotif Senilai 300 Juta Dollar AS

"Kami akan keluarkan neraca gas bumi yang Insya Allah itu cukup akurat. Di situ bisa kita lihat potensi suplainya berapa, di mana saja kelebihan gas di Indonesia dan bisa dimanfaatkannya bagaimana," ujar Arcandra.

Menurut dia, apabila pemerintah telah memiliki neraca gas bumi yang baru, pihaknya akan meminta industri gas untuk menyalurkan gasnya sebagai keperluan bahan baku produk petrokimia seperti amoniak, metanol, polietilena, hingga pupuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com