Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaktivasi Jalur KA Jabar, Kemenhub Juga Bakal Kembangkan TOD

Kompas.com - 17/09/2018, 13:32 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengonfirmasi bahwa pemerintah akan segera melakukan pengaktifan kembali atau reaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat.

Rencana tersebut juga diperkirakan bakal melibatkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI.

"Reaktivasi dari jalur kereta api akan kita kerjasamakan dengan PT KAI sehingga kita memberikan satu konsesi bagi kereta api, jadi mereka yang akan investasi," ucap Budi Karya di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (17/9/2018).

Budi Karya menambahkan, rencana aktivasi jalur kereta api tersebut tengah dalam masa kajian. Namun demikian, Budi Karya memastikan bahwa jalur kereta api itu sudah ditetapkan sebagai jalur ekonomis sehingga cocok dijadikan lahan berinvestasi.

Oleh karenanya, Budi Karya juga berencana menerapkan konsep transit oriented development (TOD) di jalur kereta api itu.

"Otomatis karena TOD itu satu revitalisasi dari stasiun yang harus dilengkapi dengan fungsi-fungsi untuk melakukan kegiatan suatu layanan di sana," imbuhnya.

Di sisi lain, PT KAI juga sudah menyampaikan rencana rekativasi jalur kereta api tersebut kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ada empat jalur kereta yang akan diaktifkan kembali, yakni jalur Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh, Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menjelaskan, reaktivasi empat jalur kereta api memudahkan masyarakat di wilayah yang dilintasi kereta untuk bepergian, baik untuk pariwisata, mengenyam pendidikan, dan lainnya.

Misalnya, jalur Jakarta-Bandung-Pangandaran akan memudahkan warga yang akan berlibur ke Pangandaran.

"Yang dalam kesepakatan sementara ada empat jalur, Jakarta-Bandung-Pangandaran jadi nanti piknik ke Pangandaran cukup naik kereta tidak usah delapan jam muter-muter," katanya.

Lalu, jalur Bandung-Ciwidey juga akan direaktivasi. Ini nantinya akan ada rekayasa sosial karena jalurnya sudah banyak dihuni oleh penduduk.

"Kemudian ada jalur ke Garut dan ada aktivasi ke Tanjungsari Sumedang lewat Jatinangor sehingga nanti mahasiswa bisa bolak-balik Bandung ke Sumedang," kata pria yang akrab disapa Emil ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com