Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Akan Balas Kebijakan Tarif AS

Kompas.com - 18/09/2018, 16:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China menyatakan bakal melakukan tindakan balasan setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan tarif baru terhadap impor barang-barang China senilai 200 miliar dollar AS. Tarif baru ini akan berlaku mulai pekan depan.

Dikutip dari AFP, Selasa (18/9/2018), kementerian perdagangan China menyatakan, China tidak punya pilihan lain kecuali melakukan tindakan balasan kepada AS. Ini dilakukan guna melindungi hak dan kepentingan China serta perdagangan bebas global.

Meskipun demikian, pihak kementerian perdagangan China tidak menyebut apapun terkait ancaman sebelumnya. China mengancam bakal menerapkan tarif untuk impor barang-barang dari AS senilai 60 miliar dollar AS.

"AS bersikeras untuk menaikkan tarif, yang membawa ketidakpastian baru terhadap konsultasi di antara kedua negara," ujar juru bicara dari kementerian perdagangan China.

Sebelumnya diwartakan, bea masuk impor yang lebih tinggi akan berlaku untuk hampir 6.000 item produk China ke AS. Di antaranya tas, beras dan tekstil akan dimasukkan, tapi beberapa barang yang sebelumnya menjadi sasaran seperti jam tangan cerdas telah dikeluarkan.

Penerapan tarif ini akan berlaku pada 24 September 2018, mulai dari 10 persen dan meningkat menjadi 25 persen dari awal tahun depan kecuali ada kesepakatan baru antar kedua negara itu.

Presiden Trump mengatakan, pengenaan tarif terbaru ini merupakan respons terhadap praktik perdagangan tidak adil China, termasuk subsidi dan aturan yang mengharuskan perusahaan asing di beberapa sektor untuk mendatangkan mitra lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com