Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Galau dalam Bekerja? Semangatkan Lagi dengan 3 Cara Ini

Kompas.com - 25/09/2018, 11:09 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com Passion menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Karenanya, seseorang bisa punya tujuan yang ingin dicapai selama ia hidup. Karena passion pula, seseorang bisa mencapai kebahagiaan tertingginya di dunia.

Oprah Winfrey pernah berkata bahwa "Semangat adalah energi." Sepercik kegembiraan akan dapat mendorong dan memberi energi kepada Anda.

Saat ini, di zaman yang semakin mudah mendapatkan hal-hal yang mereka inginkan, justru makin banyak anak muda kehilanggan gairah dalam mengejar apa tujuan mereka di masa depan terutama karier profesionalnya.

Akibatnya pula, mereka kehilangan rasa untuk meraih tujuan dan kegembiraan mereka.

Mengutip dari CNBC, sebagin dari pekerja muda saat ini, menganggap bekerja hanyalah sebuah tugas dari kehidupan sehari-hari yang konstan.

Baca juga: 4 Tips Memilih Pekerjaan Sesuai Passion

Jika Anda mungkin jadi salah satunya, jangan berkecil hati. Ingat, Anda masih bisa berusaha berkali-kali lagi dengan apa yang paling Anda sukai dan menemukan kembali gairah, energi, dan kegembiraan Anda baik dalam bekerja ataupun mengejar impian dan tujuan hidup Anda.

1. Refleksi diri

Coba pikirkan dan luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang membuat Anda bahagia selama ini. Ketika Anda melakukannya, tanggapi dua pertanyaan: Apa yang paling Anda sukai saat ini dan apa yang paling Anda sukai di tempat kerja? Apakah ada tumpang tindih antara kedua daftar itu?

Ambil beberapa menit lagi untuk merefleksikan apa yang telah Anda capai dalam pekerjaan Anda sejauh ini. Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat Anda bangga dan bagaimana Anda telah membuat suatu perubahan dalam pekerjaan Anda dan tim Anda.

Biarkan tanggapan ini mengalir keluar dari benak Anda. Jangan menyunting diri sendiri dan berhati-hati untuk tidak menilai apa yang Anda tulis. Sebaliknya, bersikaplah terbuka untuk menemukan jawaban untuk di tulis. Luapan pikiran Anda dapat membantu memahami apa yang menyebabkan gairah Anda memudar. Ini juga dapat menginspirasi Anda untuk menemukan kembali jalan dengan hal-hal yang pernah membuat Anda merasa bahagia sebelumnya.

2. Identifikasi tantangan Anda

Periksa kembali pola pikir Anda. Pikirkanlah apa yang Anda miliki saat ini hanya dalam satu jam. Apakah cenderung negatif atau positif? Apakah Anda fokus pada masalah atau solusi? Apa yang membuat Anda merasa optimistis?

Pertimbangkan apa yang mungkin Anda inginkan atau kurang di tempat kerja yang mungkin memicu pikiran negatif ini. Apakah Anda kewalahan dengan tanggung jawab dan membutuhkan fokus lebih atau dukungan? Apakah Anda tidak menikmati pekerjaan yang Anda lakukan? Apakah Anda tertekan secara emosi?

Jujurlah dengan diri Anda sendiri dan identifikasi dengan jelas masalah Anda. Memahami tantangan Anda akan membantu Anda memutuskan tindakan apa yang dapat Anda ambil untuk mengatasinya.

3. Fokus untuk menemukan bahagia

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com