Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Investasi Rp 3 Triliun untuk Kembangkan Bandara Komodo

Kompas.com - 25/09/2018, 14:20 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Komodo di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah diproyeksikan pemerintah untuk memperoleh pengembangan untuk menjadi bandara kelas internasional.

Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana Banguningsih Pramesti menjelaskan, Bandara Komodo akan mendapatkan beberapa pembaruan agar bisa menjadi bandara internasional.

"Perluasannya nanti ada perpanjangan runway, apron, terminal, pembangunan gedung-gedung penunjang lainnya, terminal internasional, kargo, dan sebagainya," kata Polana di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Polana menambahkan, saat ini Bandara Komodo memiliki panjang landasan atau runway 2.250x45 meter. Setelah dikembangkan, panjang runway tersebut akan bertambah menjadi 2.450x45 meter.

Selain itu, kapasitas penumpang yang saat ini hanya menampung 1 juta orang bisa bertambah menjadi 4 juta orang per tahun setelah proses pengembangan tersebut.

Skema kerja sama pemerintah badan usaha atau KPBU kemudian dipilih untuk mengembangkan Bandara Komodo. Skema ini dipilih lantaran adanya keterbatasan anggaran milik pemerintah untuk hal tersebut.

Saat ini, pemerintah tengah melakukan market sounding guna mencari investor untuk pengembangan Bandara Komodo.

Adapun total investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan Bandara Komodo mencapai Rp 3 triliun.

"Skema KPBU ini memiliki rincian investasi capex atau modal belanja Rp 1,17 triliun dan operational expenditure sebesar Rp 1,83 triliun," ucap Polana.

Polana menargetkan, setelah market sounding dan mendapatkan investor, pihaknya bakal melaksanakan lelang terbuka atau tender pada Oktober 2018.

"Kemudian penentuan pemenang lelang November 2018. Tanda tangan kontrak KPBU pada Desember 2018 financial close dan transisi pada semester I 2019, serta konstruksi sekaligus operasi pada semester II 2019-2044 karena masa konsesinya 25 tahun," pungkas Polana.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com