Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengeluaran "Travel" Tinggi, Bank Mandiri Tepis Anggapan Ekonomi Lesu

Kompas.com - 27/09/2018, 15:13 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menilai pengeluaran atau belanja masyarakat di sektor pariwisata terus bertumbuh, bahkan semakin tinggi dari hari ke hari. Tren peningkatan belanja di sektor travel ini yang kemudian membuat Bank Mandiri tidak percaya dengan isu bahwa perekonomian Indonesia saat ini sedang lesu.

"Orang kan selalu bilang ekonomi lesu. Tapi, data di kami menunjukkan ada tiga sektor yang masyarakatnya tetap spending. Pertama travel, kedua kuliner, ketiga pendidikan dan kesehatan. Jadi, sektor travel paling tinggi," kata Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang saat konferensi pers Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Donsuwan menjelaskan, tren peningkatan belanja di ketiga sektor tersebut terjadi secara umum dan juga dilihat dari belanja nasabah Bank Mandiri, baik dari penggunaan kartu debit maupun kartu kredit.

Dia juga meyakini, ke depannya sektor pariwisata akan benar-benar jadi andalan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memperkuat devisa.

Baca juga: Garuda Indonesia Gugat Rolls Royce

Pada saat bersamaan, Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah menuturkan, pihaknya mendorong masyarakat untuk berlibur di dalam negeri, salah satunya dengan memanfaatkan promo dalam GATF fase 2. Terlebih, saat ini nilai tukar rupiah terhadap dollar AS masih melemah, sehingga merupakan momen yang tepat untuk berlibur di dalam negeri ketimbang ke luar negeri.

"Kami ingin menggalakkan wisata domestik, mumpung dollar AS lagi mahal. Waktunya ke domestik, sehingga ekonomi Indonesia bergerak. Daerah-daerah memperoleh pendapatan, hotel dan restoran di daerah menerima pendapatan," tutur Pikri.

GATF fase 2 akan digelar akhir bulan September hingga Oktober 2018 secara serentak di 31 kota besar di Indonesia. Promo yang diberikan pun beragam, mulai dari diskon tiket hingga 80 persen sampai upgrade member GarudaMiles dari kategori Gold langsung jadi Platinum selama 3 bulan.

Selain itu, Bank Mandiri sebagai partner Garuda Indonesia dalam menyelenggarakan GATF fase 2 juga memberikan promo. Di antaranya promo tambahan diskon pembelian tiket di GATF hingga 50 persen dan cicilan 0 sampai 12 bulan dengan kartu kredit Mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com