Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Raharja Bentuk Tim Tangani Pemulihan Bencana Palu dan Donggala

Kompas.com - 30/09/2018, 12:47 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja (Persero) membentuk tim untuk penanganan dan pemulihan bencana gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Tim ini nantinya akan fokus bekerja di wilayah-wilayah terdampak bencana dengan terlebih dulu mengirimkan bantuan berupa obat dan makanan yang telah dihimpun sejak Sabtu (29/9/2018).

"Melalui sistem tanggap darurat BUMN yang telah diterapkan Jasa Raharja mencakup tiga fase, yaitu fase tanggap darurat, fase pemulihan atau rehabilitasi, dan fase rekonstruksi," kata Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (30/9/2018).

Bantuan yang telah dihimpun untuk sementara ini adalah 4 ton beras, 400 kardus mi instan, serta 200 boks air mineral. Bantuan tahap pertama ini telah diberangkatkan dari kantor cabang Jasa Raharja di Sulawesi Selatan dan langsung disalurkan ke daerah terdampak bencana di Palu dan Donggala.

Bantuan tahap berikutnya berupa tenaga relawan, obat-obatan, makanan siap santap, serta kebutuhan dasar termasuk pembalut untuk wanita, selimut, pampers, dan alat penerangan. Bantuan tersebut akan diberangkatkan hari ini.

"Selanjutnya pada fase pemulihan dan rekonstruksi, tim akan menginventarisasi dan assessment terhadap sarana dan prasarana yang perlu direvitalisasi, berkoordinasi dengan koordinator BUMN Peduli dan instansi terkait untuk sinergi menentukan program atau bantuan yang diperlukan," tutur Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com