Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Dukono di Halmahera Erupsi, Bandara Gamar Malamo Ditutup

Kompas.com - 30/09/2018, 15:12 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Gamar Malamo di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, ditutup untuk sementara waktu pada Minggu (30/9/2018).

Penutupan Bandara Gamar Malamo dikarenakan terpapar abu vulkanik dari erupsi di Gunung Dukono yang berlokasi di Halmahera.

"Bandar Udara Gamar Malomo di Galela ditutup sejak 30 September 2018 pukul 14.34 WIT sampai dengan estimasi 1 Oktober 2018 pukul 11.00 WIT karena terdampak abu vulkanik dari Gunung Dukono," kata Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sindu Rahayu kepada , Minggu siang.

Penutupan Bandara Gamar Malamo sesuai dengan Notam (Notice to Airmen) Nomor H0787/18 yang dikeluarkan oleh AirNav Indonesia.

Baca juga: Dua Penerbangan Wings Air Dibatalkan Imbas Erupsi Gunung Dukono

 

Melalui pemberitahuan ini, maka seluruh pesawat dilarang untuk terbang ke Halmahera hingga bandara dinyatakan aman dan kembali dibuka untuk umum.

Gunung Dukono beberapa bulan yang lalu juga sempat mengalami erupsi, tepatnya pada Agustus 2018.

Kala itu, sejumlah maskapai membatalkan penerbangannya lantaran debu vulkanik berpotensi membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan di sana.

Baca juga: Gunung Dukono Semburkan Asap Tebal Setinggi 800 Meter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com