Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Berikan Akses Wifi Gratis di Palu dan Sekitarnya

Kompas.com - 30/09/2018, 16:52 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan telekomunikasi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, belum pulih seperti sedia kala. PT Telkom Indonesia memberikan akses jaringan wifi gratis bagi masyarakat Palu dan sekitarnya.

Dengan memakai SSID “TelkomPeduli” masyarakat sekitar Palu bisa mengakses jaringan wifi gratis dari Telkom. Adapun wilayahnya yakni Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, dan Poso.

“Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan internet,” ucap Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo yang dilansir dari laman resmi Telkom, Minggu (30/9/2018).

Baca juga: Upaya BUMN Bantu Pulihkan Donggala dan Palu Usai Gempa dan Tsunami

Arif menjelaskan, saat ini layanan komunikasi SMS dan suara berangsur pulih di beberapa titik strategis kota Palu yang diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi-instansi yang sangat membutuhkan. Jaringan 4G juga sudah kembali beroperasi di beberapa wilayah seperti Toli-toli, Poso dan Luwuk.

Sedangkan untuk Kota Donggala, perangkat layanan voice dan internet telah pulih. Namun demikian, pelanggan IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optik masih terkendala catuan listrik di jaringan aksesnya menuju pelanggan.

TelkomGroup juga mengaktifkan sistem komunikasi satelit melalui anak usahanya Telkomsat dan sedang memberangkatkan Satellite News Gathering (SNG) dari Makassar ke Palu.

Baca juga: Pertamina Mulai Salurkan BBM ke SPBU di Palu

Telkom berupaya terus melakukan recovery layanan telekomunikasi untuk memudahkan koordinasi pemerintah serta seluruh petugas lapangan yang saat ini tengah fokus melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana.

Dilansir dari laman twitter Telkom, Minggu (30/9/2018), percepatan pemulihan layanan telekomunikasi tersebut untuk memudahkan koordinasi pemerintah serta seluruh petugas lapangan yang saat ini tengah fokus melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana.

Baca juga: PLN Segera Pulihkan Kelistrikan di Palu dan Donggala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com