Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerimaan CPNS 2018, Peluang Bagi Generasi Milenial...

Kompas.com - 01/10/2018, 09:38 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah dibuka sejak Rabu (27/9/2018) lalu. Pendaftaran CPNS ini untuk mereka yang berusia 18 tahun-35 tahun. Artinya, ini peluang besar bagi generasi milenial masuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, generasi milenial memiliki karakter yang berbeda dengan generasi pendahulunya.

“Anak-anak milenial, namanya saja milenial dia hadir di era yang sudah digital seperti ini. Dari sisi kecepatan, kreativitas dan inovasi tentunya akan lebih baik,” ujarnya usai memberi pengarahan di Rakornas Pengembangan SDM ASN di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Selain itu, Iwan juga mengatakan, karakter anak milenial tidak suka dengan hal-hal rumit birokrasi. Mereka lebih menginginkan cara-cara sederhana dan cepat.

Baca juga: Kepala BKN: Tinggal 100 Instansi yang Belum On untuk Registrasi CPNS

Dia berharap, kedatangan para generasi milenial ini bukan menjadi hal yang ditakutkan birokrat yang sudah ada. Menurut Iwan, ASN yang sudah berada di dalam birokrasi harus mengetahui karakteristik generasi milenial.

“Para atasan perlu mengetahui bagaimana working with milenial,” ujarnya.

Iwan menyarankan kepada aparatur sipil untuk melakukan dialog lebih intensif untuk mencairkan gap antara generasi milenial ini dengan generasi sebelumnya.

Kempan-RB sendiri sudah menyiapkan program-program untuk menyempitkan jurang pemisah tersebut. Para ASN baru nanti akan diwajibkan mengikuti coaching, mentoring dan konseling. Program tersebut merupakan upaya untuk mengurangi gap antara generasi yang berbeda karakter ini. (Muhammad Afandi)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Peluang generasi milenial masuk menjadi aparatur sipil negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com