Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Maskapai Komersil Siap Angkut Penumpang Dari dan ke Palu

Kompas.com - 01/10/2018, 14:57 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penerbangan komersil di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu mulai beroperasi pada hari ini, Senin (1/10/2018).

Saat ini, lanjut dia, sudah ada dua maskapai komersil yang telah mendarat di bandara tersebut.

"Kami juga merencanakan hari ini penerbangan komersial sudah dimulai lebih efektif. Hari ini telah dicatat dua pesawat (dari) Wings (Air) dan Garuda (Indonesia) mendarat di (bandara) Mutiara. Kami harapkan jumlah penumpang yang diangkut lebih banyak," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Senin siang.

Budi menambahkan, bandara tersebut bisa beroperasi sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WITA. Namun, pesawat yang baru bisa mendarat di bandara tersebut berjenis ATR.

"Pesawat-pesawat yang mungkin diakomodasi oleh Bandara Mutiara kualifikasi pesawat yang dengan jenis ATR dan Bombardier atau pesawat Boeing 737 atau 737 seri klasik," kata Budi.

Budi mengaku sudah memerintahkan Plt Dirjen Perhubungan Udara untuk memimpin kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

"Kami sudah memulai proses pembangunan konstruksi, tiga kegiatan untuk memperbaiki landasan 300 meter yang terjadi crack, memulai pembangunan menara ATC dan melakukan recovery terminal yang terdampak," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com