Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank-bank BUMN Pulihkan Layanan Pascabencana di Sulteng

Kompas.com - 02/10/2018, 19:40 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN melakukan upaya-upaya perbaikan dan pemulihan layanan perbankan di Sulawesi Tengah.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, pascagempa, Himbara langsung mengindentifikasi kerusakan-kerusakan infrasruktur layanan perbankan di lokasi yang terdampak.

"Sejak kemarin sejumlah kantor cabang Himbara telah kembali beroperasi untuk memberikan pelayanan perbankan kepada masyarakat Palu dan daerah sekitarnya yang terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018," ujar Gatot dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (2/10/2018).

BNI misalnya, mencatat kantor cabangnya yang berada di lokasi bencana sudah beroperasi mencapai 5 unit, yaitu 1 kantor cabang di Kota Palu dan 4 kantor di Parigi. Pelayanan perbankan juga diperkuat oleh 22 mesin anjungan tunai mandiri (ATM), yaitu 8 unit di Kota Palu dan 14 unit di Parigi. 

Selain memulihkan kantor cabang, BNI juga telah mengoptimalkan outlet-outlet mobile atau BNI Layanan Gerak (O-branch) untuk memberikan pelayanan perbankan di kawasan-kawasan yang kurang terjangkau oleh kantor cabang.

Kemudian, BRI menjadi bank BUMN pertama yang bisa beroperasi di Palu pascagempa. BRI pun hingga saat ini masih terus mempercepat seluruh proses pemulihan jaringan kantor dan layanan digital perbankan yang bermasalah.

Guna mempercepat pemulihan layanan, BRI telah mengirimkan teknisi dari Jakarta, Manado dan Makassar untuk secara langsung segera memperbaiki jaringan kerja BRI, sehingga diperkirakan jaringan kantor dan layanan digital Bank BRI akan pulih seluruhnya pada 5 Oktober 2018.

Percepatan pemulihan ini terbantu dengan adanya satelit BRIsat yang dimanfaatkan secara darurat untuk mengganti jaringan komunikasi di mesin ATM yang bermasalah.

Sementara Bank Mandiri sudah mampu mengoperasikan kantor cabang Sam Ratulangi dan 6 unit ATM di Palu. Untuk kantor cabang dan ATM lain secara bertahap akan dioperasikan kembali setelah memastikan ketersediaan energi dan kesiapan fisik kantor layanan.

BTN juga memastikan layanan perbankan dapat segera pulih pada pekan ini. Khususnya mesin ATM yang diharapkan tetap dapat online sambil melakukan pemulihan gedung kantor cabang sembari mempersiapkan Working Recovery Area atau kantor cabang khusus yang beroperasi melayani nasabah selama menanti pemulihan total outlet BTN yang terdampak.

"Himbara akan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan pelayanan nasabah. Kami mendorong BUMN berupaya optimal untuk memulihkan kembali layanan perbankan bagi masyarakat Palu, Donggala dan sekitarnya. Harapannya, kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih," tutur Gatot.

Selain pemulihan layanan, Himbara juga telah menerjunkan relawan untuk mendukung tanggap darurat bencana gempa, serta mengirimkan bantuan makanan dan kebutuhan dasar lainnya untuk para korban.

"Bantuan BUMN pun terus bertambah seiring dengan membaiknya akses pengangkutan ke lokasi bencana," imbuh Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com