Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taspen Life Beri Manfaat Asuransi untuk Petugas ATC yang Meninggal

Kompas.com - 04/10/2018, 19:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Air Traffic Controller (ATC) Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu, almarhum Anthonius Gunawan Agung memperoleh manfaat asuransi dari PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life). Manfaat tersebut diterima oleh kedua orang tua Agung.

Agung merupakan karyawan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) dan merupakan peserta dari program Jaminan Hari Tua (Taspen Save) dan Program Kesehatan Pensiun (Taspen Group Annuity) Taspen Life.
 
Dalam rangka melakukan pembayaran klaim, Taspen Life bekerja sama dengan pihak personalia AirNav Indonesia melalui layanan Pro Aktif Taspen Life, di mana ahli waris atau  keluarga Agung tidak perlu mengajukan klaim secara langsung kepada Taspen Life untuk dapat menerima manfaat asuransi.
 
Agung terdaftar menjadi peserta Taspen Life sejak Juni 2018. Manfaat asuransi yang diserahkan kepada ahli waris Almarhum Anthonius dalam program Jaminan Hari Tua dan Program Kesehatan Pensiun tersebut total sebesar Rp 590.652.809.

"Manfaat asuransi yang kami serahkan kepada keluarga Almarhum tidak akan sebanding dengan duka yang dialami oleh keluarga. Namun kami mengharapkan, semoga dengan apa yang telah kami serahkan dapat bermanfaat untuk pihak keluarga," ujar Maryoso Sumaryono, Direktur Utama Taspen Life dalam pernyataan resmi, Kamis (4/10/2018).

Agung tewas setelah mengarahkan pesawat Batik Air ID 6231terbang dari Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, saat gempa 7,4 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah.

Saat itu, ia tetap berada di tower Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie meskipun teman-temannya telah turun dari tower dan berhamburan keluar.

Ia memastikan Batik Air lepas landas dengan selamat. Di tengah guncangan gempa, Anthonius terus berkomunikasi dengan pilot pesawat Batik Air hingga akhirnya pesawat berhasil terbang lepas landas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com