Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Akan Donasi 10 Juta Dollar AS untuk Bencana Sulteng

Kompas.com - 05/10/2018, 07:27 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

CARACAS, KOMPAS.com - Pemerintah Venezuela mengumumkan pada hari Rabu (3/10/2018) bahwa mereka akan menyumbangkan 10 juta dollar AS kepada korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez mengonfirmasi hal ini lewat akun Twitternya. Sumbangan untuk korban gempa ini berasal dari dana solidaritas negara tersebut.


"Presiden Nicolas Maduro telah menyetujui donasi sebesar 10 juta dollar AS kepada saudara kami dari Indonesia, yang berasal dari dana solidaritas dan digunakan untuk merawat para korban gempa bumi dahsyat dan tsunami yang menyebabkan ribuan orang tewas dan luka-luka,” jelas Delcy, Jumat (4/10/2018).

Sebagai informasi, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan Venezuela alami inflasi hingga 1.000.000 persen akhir tahun ini. Untuk 1 dollar AS yang saat ini di Indonesia paling mahal menyentuh Rp 15.100, di Venezuela bisa setara lebih dari 6,3 juta bolivar.

Sementara itu, akhir Agustus lalu warga Venezuela berbondong-bondong tinggalkan negara itu karena tidak bisa mendapat akses yang mereka butuhkan utamanya untuk kesehatan.

Sejak tahun 2014, lebih dari 2 juta orang di Venezuela telah meninggalkan negara itu. Mereka melarikan diri dari krisis ekonomi parah karena kekurangan makanan, obat-obatan, dan barang-barang kebutuhan pokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com